APA YANG DI MAKSUD DENGAN EXFOLIASI KULIT ??

μ•ˆλ…•ν•˜μ„Έμš” μ—¬λŸ¬λΆ„..


Ada yang masih bingung gak sih tentang apa itu "Eksfoliasi Kulit"..?


Sel kulit mati yang tidak di bersihkan dengan rutin akan menumpuk dan membuat kulit jadi terlihat kusam dan juga gampang menimbulkan jerawat. 
 Eksfoliasi sendiri adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan kulit luar (Epidermis). Eksfoliasi kulit ini dilakukan untuk membantu memperbaiki skin tone dan juga tekstur kulit, untuk merangsang sel-sel kulit baru. Selain itu eksfoliasi juga dapat mengoptimalkan kinerja dari suatu produk skincare yang kita gunakan agar lebih meresap sempurna. 

Metode eksfoliasi sendiri bisa dilakukan oleh semua orang dengan jenis kulit masing-masing, tapi harus disesuaikan dengan kondisi , dan kebutuhan. Pilihlah metode eksfoliasi yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit, jangan sampai "Over Exfoliate" dalam artian melakukan eksfoliasi berlebihan, yang justru membuat kulit menjadi kemerahan, iritasi, beruntusan, atau bahkan menimbulkan jerawat dan juga kondisi kulut fatal lainnya.

Eksfoliasi sendiri bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu : 
   ☆ Physical Exfoliator
   ☆ Chemical Exfoliator

Physical exfoliator adalah eksfoliasi dengan cara menggunakan Scrub, Kojac, Soft Brush, Sponge. 

Selain itu untuk metode Physical Exfoliator juga biasanya dilakukan di beberapa klinik kecantikan atau dokter kulit dengan tindakan yang di sebut (Dermaplaning & Mikrodermabrasi).

(Dermaplaning) Metode eksfoliasi kulit dengan cara menggunakan pisau khusus untuk menyingkirkan sel kulit mati , penumpukkan minyak berlebih, dan rambut halus. Biasanya metode ini ditujukan untuk pasien yang memiliki masalah teksture kulit tidak merata, menyamarkan bekas luka, dll. 

(Mikrodermabrasi) Metode eksfoliasi kulit dengan cara penyemprottan kulit wajah dengan kristal-kristal mikro ke lapisan Epidermis kulit, selain kristal Mikrodermabrasi ini juga ada berupa "Diamond tip handpiece" , "Hydradermabrasion" biasanya dilakukan untuk pasien yang memiliki masalah kulit yang tidak terlalu serius.

Sedangkan Chemical exfoliator biasanya mengandalkan bahan-bahan aktif yang bersifat asam/acid seperti kandungan AHA (Alpha Hidroxy Acid), BHA (Beta Hidroxy Acid), Lactic Acid, Citrus Acid, Glycolic Acid yang terdapat dalam produk Toner, Facial Wash, Serum, Ampoule, Peeling Gel. Metode eksfoliasi ini dapat dilakukan dirumah, dengan menyesuaikan produk dengan jenis kulit. Eksfoliasi ini lebih ditujukan untuk mempercepat siklus pergantian sel-sel kulit mati yang menyumbat pori.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Eksfoliasi Kulit ??? 


Umumnya melakukan eksfoliasi mau itu dengan metode Physical exfoliator / Chemical exfoliator "tidak dianjurkan terlalu sering" !!

Untuk eksfoliasi kimia/Chemical exfoliator diberlakukan hanya setiap 2x dalam seminggu, sedangkan untuk kulit sensitif diberlakukan cukup 1x dalam seminggu.
Untuk Physical Exfoliator dengan konsentrasi kandungan rendah atau bahan yang lebih lembut dapat di lakukan setiap hari (sesuaikan dengan kebutuhan kulit). 


APA YANG DI MAKSUD DENGAN EXFOLIASI KULIT ?? APA YANG DI MAKSUD DENGAN EXFOLIASI KULIT ?? Reviewed by Augustine Van Riemsdijk on November 13, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.